Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Gangguan Menstruasi Pada Wanita – Dismenore merupakan gangguan menstruasi pada wanita yang terjadi saat siklus menstruasi wanita datang. Hal ini terjadi ditandai dengan gejala seperti nyeri yang terasa sakit pada bagian bawah perut. Pembagian dari dismenore sendiri dibagi menjadi dua macam, yakni dismenore yang terjadi dengan tidak adanya suatu kelainan anatomis genitalis. Dismenore sekunder terjadi disertai dengan kelainan anatomis genitalis.

Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Penyebab dari dismenore gangguan menstruasi pada wanita terjadi adalah disebabkan karena menstruasi ovulator, faktor psikologis sepert stress, faktor yang disebabkan karena hormon steroid, vasoperin, dan juga teori dari prostaglandin yang berlebihan di dalam tubuh wanita yang menyebabkan hal ini terjadi.

Gejala yang dirasakan dari dismenore gangguan menstruasi pada wanita adalah dengan gejala nyeri kram atau juga tegang yang terjadi pada daerah perut yang mulai terjadi 24 jam sebelum haid keluar dan biasanya bertahan sakitnya hingga 24-36 jam berikutnya. Sakit haid seperti kram pada perut ini biasanya dirasakan pada perut bagian bawah, namun bisa saja menjalar ke bagian punggung dan kemudian ke permukaan dalam paha. Pada mereka yang mengalami dismenore berat biasanya akibat dari nyeri kram pada perut ini bisa disertai dengan muntah dan juga penyakit diare.

Biasanya nyeri yang terjadi pada perut saat menstruasi ini merupakan hal yang wajar dan hampir semua wanita mengalaminya. Rasa nyeri ini dirasa sangat tajam. Dan penyebab pastinya hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun memang terdapat beberapa faktor pencetus yang menyebabkan masalah ini terjadi seperti beberapa hal diatas.

Cara mengatasi nyeri haid gangguan haid pada wanita bisa dilakukan dengan bahan dua jari jahe, dua batang serai, dan gula aren. Cara membuatnya adalah dengan mengupas jahe terlebih dahulu kemudian dibersihkan. Dan semua bahan direbus di dalam empat gelas, kemudian air rebusan ini disisakan hanya tinggal dua gelas saja. Saring dan dinginkan. Cara memakai ramuan ini adalah degan diminum dua kali sehari dengan dosis setengah gelas pada setiap kali minum.

Mengatasi gangguan menstruasi pada wanita bisa dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu seperti dibawah ini :

  1. Vitamin C
    Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang baik untuk mengatasi gangguan menstruasi pada wanita. Kemampuan dari vitamin C untuk bisa membantu menstimulasi sistem imun bisa melalui beberapa cara, dan termasuk dengan cara meningkatkan produksi dari limfosit, kadar interferin, antibodi, dan sekresi hormon yang berasal dari kelenjar timus.
  2. Selenium
    Jika tubuh mengalami kekurangan zat selenium maka akan menyebabkan fungsi imun tubuh mengalami penurunan, dan hal ini sudah terbukti. Namun masih cukup sedikit penelitian yang mengenai efektivitas dari suplementasi selenium. Namun dari adanya suatu penelitian lain yang dilakukan terungkap bahwa kandungan selenium yang ada di dalam makanan bisa membantu meningkatkan kemampuan untuk membunuh sel tumor yang dilakukan oleh limfosit,
  3. Koenzim Q10
    Koenzim Q10 merupakan salah satu zat antioksidan larut lemak yang sangat efektif untuk membantu melindunugi membran sel yang sangat tipis yang ada di dalam sel dari oksidasi radikal bebas. Dan diduga koenzim Q10 bisa membantu menghentikan terjadinya pertumbuhan pada jaringan endometrium implan.
  4. Trytophan
    Trytophan merupakan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi gangguan menstruasi pada wanita. Zat ini dibutuhkan untuk memproduksi hormon serotonin, zat pengantar rangsang saraf yang bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang dan juga lebih bahagia. Kadar serotonin yang rendah akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam terserang berbagai gangguan penyakit dan menimbulkan sakit haid yang berlebihan. Asam amino ini bisa ditemukan di dalam makanan seperti kedelai, ayam serta kacang-kacangan.
  5. Astragalus
    Astragalus merupakan salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk membantu memperbaiki gangguan menstruasi dan reproduksi karena endometriosis. Dan sudah digunakan dalam pengobatan Tradisional China untuk membantu mengatasi masalah infeksi virus. Dari beberapa penelitian yang dilakukan bahwa astragalus bermanfaat dengan cara kerja menstimulasi beberapa faktor sistem imun atau kekebalan, membantu memulihkan sel T yang diakibatkan oleh zat kimia, radiasi, dan juga kemoterapi atau obat kanker.
  6. Echinaceae
    Echinacae mempunyai manfaat untuk membantu menguatkan sistem imun, dan termasuk salah satunya kelenjar timus atau kelenjar utama sistem imun. Dan dari penelitian diketahui komponen penstimulasi imun yang paling utama dan paling penting dari echinaceae, yang merupakan senyawa poamandakarida besar misalnya adalah seperti inulin. Dan senyawa poamandakarida tersebut bekerja dengan mengaktivasi jalur alternatif komponen dan salah satu mekanisme pertahanan nonspesifik sistem imun dan bisa membantu untuk meningkatkan produksi zat kimia yang imun yang bisa mengaktivasi makrofag, sel yang bisa bertanggungjawab untuk menelan dan juga menghancurkan bakteri, virus, serta jamur dan juga sel tumor.

Gangguan Menstruasi Pada Wanita


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gangguan Menstruasi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>